1. PROSES PEMASYARAKATAN
    1. Melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 5111/C.CA/MN/1999 tanggal 23 Juni 1999, kurikulum hasil penyempurnaan yang kemudian disebut Kurikulum SMK Edisi 1999 itu, resmi digunakan secara bertahap pada tingkat satu mulai tahun pelajaran 1999/2000.
    2. Langkah awal pemasyarakatan telah dilakukan pada bulan Juli 1999, menjelang pelaksanaan tahun pelajaran baru melalui forum Koordinasi Pemanduan Pelaksanaan Kurikulum Edisi 1999.
    3. Peserta pada forum ini adalah semua Kepala Seksi Kurikulum Bidang Dikmenjur, calon fasilitator dari semua PPPG "Kejuruan", calon fasilitator dari Direktorat Dikmenjur, dan calon fasilitator dari Puskur Balitbang Dikbud.

    4. Selanjutnya sesuai dengan program yang telah disiapkan, setiap wilayah (bidang Dikmenjur) melakukan pemasyarakatan dengan melibatkan unsur SMK Negeri dan Swasta, para pengawas, serta perwakilan dunia usaha/ industri, dengan melibatkan fasilitator yang telah disiapkan pada tahap sebelumnya.
    5. Beberapa sekolah memperoleh bimbingan yang lebih intensif melalui program IHT (In House Training) sesuai program yang tersedia di PPPG "Kejuruan".
    6. Untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin memanfaatkan dan atau memberi masukan untuk penyempurnaan lebih lanjut, dokumen kurikulum tersebut secara bertahap sudah dapat di akses melalui home page http://www.kurikulumsmk.freehosting.net dan atau melalui alamat e-mail: kurikulum-smk@telkom.net.
    7. Selanjutnya melalui forum pelatihan pengawas sekolah yang dilaksanakan oleh Ditjen Dikdasmen, Kurikulum SMK Edisi 1999 ini diperkenalkan bersama-sama dengan kurikulum jenjang dan jenis pendidikan lainnya di lingkungan Ditjen Dikdasmen yang juga mengalami penyempurnaan.